Apakah Anda ingin memulai bisnis online yang sukses? Cobalah untuk berpikir sebaliknya!

Sebagian besar dari miliaran bisnis online yang saya temui berpikir sebaliknya, seringkali dimulai dari pasar referensi terlebih dahulu, bahkan jika mereka tidak memiliki produk untuk dijual. Atau Anda bahkan tidak tahu bisnis apa yang sedang terjadi.

Mereka menemukan bahwa target pasar memiliki masalah online yang mereka pikir dapat diselesaikan. Jadi target pasar diberi solusi, sehingga hanya menemukan produk yang tepat untuk target pasar.

Prosesnya tidak selalu berurutan, tetapi prinsipnya sama.


Proses untuk menemukan masalah ini berbeda. Memang ada target riset pasar yang menggunakan banyak alat. Ada juga yang tidak sengaja menemukan masalah di pasar sasaran. Beberapa bahkan menemukannya karena memiliki masalah yang perlu diselesaikan dengan sendirinya.

Bangun hubungan sampai audiens terbentuk yang dekat, pengertian dan benar bagi Anda.

Dengan model ini, itu bukan masalah, bahkan jika Anda tidak memiliki produk. Jika Anda sudah memiliki cukup banyak pemirsa, Anda dapat menjual produk apa pun kepada mereka. Dalam beberapa kasus, produk benar-benar datang sendiri.

Saya memiliki teman yang menciptakan pemirsa dengan berbagi kiat dan trik untuk gadget. Ketika publik bangun dan menjual gadget atau aksesori gadget, ia menjual dengan sangat baik. Karena kepercayaan publik telah dibangun dengan benar, semua yang dijual oleh teman saya pasti akan habis tanpa meninggalkan jejak.

Mungkin Anda juga kenal Arief Muhammad? Dia sebelumnya dikenal di dunia Twitter sebagai @poconggg. Dia sekarang adalah pencipta yang dapat mempengaruhi banyak orang. Setelah berkembang pesat dalam pelanggan dan pengikut di Instagram, ia mulai menjual berbagai produk seperti Cakekinian, Mie Bangcad dan gadget terbaru dengan merek OLshop CuanCuan. Modelnya tidak terlihat?

Dia membangun audiensnya dengan baik, setelah audiens diciptakan, dia menciptakan produk untuk dijual di pasar ini. Analogi sederhana, ia mengumpulkan ikan di kolam, setelah ikan mengumpulkan banyak, kemudian makanan ikan dilemparkan untuk dimakan. Sangat mudah, bahkan jika tidak mudah untuk membangun audiens. Dibutuhkan konsistensi tinggi untuk menciptakan segalanya.

Jika Anda sudah memiliki produk atau perusahaan yang sudah berjalan, prinsip ini tetap berlaku. Buat audiens untuk produk Anda sambil mempromosikan produk Anda.

Untuk menciptakan audiens yang memadai, perlu mencari elemen yang menarik bagi publik. Dan terkadang, yang membuat mereka datang untuk pertama kali bukanlah produk yang Anda jual. Dalam kasus Arief Muhammad, misalnya, pelanggan datang kepadanya karena vlog yang jelas tetapi menyenangkan. Apakah produk yang Anda jual ada hubungannya dengan vlog Anda? Tidak sama sekali, tetapi karena para pendengarnya setia, garis harus sangat panjang ketika dia menjual sesuatu.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*